Resume “Niat, Ikhlas, dan Syukur”

2897-kunci-sukses-itu-ikhlas-tersenyum-karena-syukur-dan-selalu

Terdapat tiga komponen penting yang di ajarkan dalam agama, yaitu Niat, Iklas dan Syukur. selama kita berpegang teguh kepada ketiganya, niscaya segala sesuatunya tidak ada yang sia-sia. Sebab kita menyndarkan segala urusan kepada Allah SWT sang pemilik kekuasaan.

niat berfungsi untuk membedakan tujuan kita dalam melakukan sesuatu termasuk dalam hal ibadah. niat berasal dari dalam hati, sehingga segala sesuatu yang dilakukan manusia tergantung dari niatnya. adapun kata pepatah “segala sesuatunya tergantung pada niat” selama kita beniat baik, maka kembaikan akan menyertai kita dan begitupun sebliknya

Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. ikhlas berarti melakukan segala sesuatu dengan mengharap ridha Allah SWT. setelah berniat maka kita dianjurkan melakukan segala sesuatunya dengan ikhlas dengan mengharap ridha allah semata.

syukur adalah merasa puas dengan segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Hakikat syukur adalah “menampakkan nikmat,” dan hakikat kekufuran adalah menyembunyi- kannya. Menampakkan nikmat antara lain berarti menggunakannya pada tempat dan sesuai dengan yang dikehendaki oleh pemberinya, juga menyebut-nyebut nikmat dan pemberinya dengan lidah: “Adapun terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah engkau menyebut-nyebut” (QS Adh-Dhuha [93]: ll).

93_11

“Dan terhadap ni’mat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan. Karunia berupa pengetahuan kenabian, Al-Qur’an dan agama Islam hendaknya disebar luaskan kepada yang lain”

Akhir kata marilah kita senantiasa melakukan sesuatu dengan niat kebaikan, melakukannya dengan penuh keikhlasan dan menerima segala hasilnya dengan penuh rasa syukur atas nikmat yang tak hnti hentinya diberikan Allah SWT.

semoga kita senantiasa mendapat rahmat oleh Allah SWT, agar kita tidak terlena dengan segala kemewahan dunia sehingga menjadikan kita kufur nikmat, naudzubillah.

Sekian yang dapat saya sampaikan akhirul kalam,

Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *